James Prescott Joule (1818-1889)
06.30



James Prescott Joule lahir pada 24 Desember 1818, di Salford, Lancashire, Inggris. Ia adalah ilmuwan fisika asal Inggris yang telah merumuskan Hukum Kekekalan Energi. Menurutnya, energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Dengan berbagai riset dan eksperimen, ia berhasil membuktikan bahwa panas atau kalori merupakan suatu bentuk energi. Teori ini sekaligus mematahkan teori kalorik, yakni sebuah teori yang menyatakan bahwa panas adalah zat yang mengalir.

James Prescott Joule lahir dari keluarga yang kaya raya. Ayahnya adalah seorang pengusaha bir yang sukses. Namun, ia bru merasakan pendidikan di sekolah formal saat usianya sudah menginjak 17 tahun. Hal ini dikarenakan sejak kecil ia selalu sakit-sakitan akibat luka di tulang belakangnya. Sehingga, ia terpaksa hanya tinggal di rumah sepanjang hari.
Untuk memenuhi kebutuhannya terhadap ilmu pengetahuan dan pendidikan, orang tuanya mendatangkan guru privat ke rumahnya, serta menyediakan semua buku yang diperlukan olehnya. Tidak hanya itu, ayahnya juga menyediakan fasilitas lengkap dan sebuah laboratorium khusus untuknya. Selain itu, iapun sangat rajin belajar sehingga sebagian besar pengetahuan yang dimilikinya diperoleh dengan cara belajar sendiri.
Akhirnya, James Prescott Joule bersekolah dan masuk ke Universitas Manchester, Inggris, saat usianya 17 tahun. Ia mendapatkan bimbingan dari John Dalton, seorang ahli kimia Inggris yang ternama. Di universitas, James Prescott Joule dikenal sebagai mahasiswa yang rajin belajar, memiliki intelektual yang tinggi, serta rajin melakukan eksperimen dan menulis buku.
Salah satu buku yang yang ia tulis dari hasil eksperimennya membahas tentang panas yang dihasilkan oleh listrik, yang terbit pada tahun 1840, ketika usianya 22 tahun. Setelah 3 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1843, terbitlah bukunya yang membahas mengenai ekuivalen mekanik panas. Sementara itu, 4 tahun berikutnya ia menulis buku tentang kekekalan energi, yang terbit pada tahun 1847.
Selama hidupnya, James Prescott Joule telah menciptakan karya-karya besar yang diingat sepanjang sejarah. Untuk menghargai jasanya, ia menerima Medali Emas Copley, menjadi anggota Royal Society (sebuah lembaga ilmu pengetahuan Inggris), dan menjadi Presiden Asosiasi Kemajuan Ilmu Pengetahuan di Inggris. Selain itu, namanya juga diabadikan menjadi nama sebuah satuan dalam ilmu fisika, yang disebut dengan satuan Joule.
Walaupun James Prescott Joule adalah ilmuwan yang sangat populer, kehidupannya sangatlah sederhana., tidak seperti ayahnya yang hidup dengan segala kemewahannya.
James Prescott Joule meninggal dunia di Greater Manchester, Inggris pada 11 Oktober 1889 dalam usia 70 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar