James Watt (1736-1819)
06.34



James Watt lahir di Greenock, Skotlandia pada 19 Januari 1736. Ia adalah salah satu insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Ia berhasil merancang dan menciptakan mesin uap pertama yang berfungsi secara efisien. Ia termasuk tokoh kunci Revolusi Industri. Ternyata, mesin uap penemuannya menjadi salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya.


James Watt bukanlah orang pertama yang menemukan mesin uap. Beberapa ilmuwan sebelumnya sudah pernah melakukan riset dan membuat rancangan tentang mesin uap, namun kualitasnya masih rendah dan kurang efisien.
Ketertarikan James Watt terhadap mesin uap terjadi pada tahun 1764, yang berawal ketika ia sedang memperbaiki mesin ciptaan Newcomen. Walaupun hanya berbekal pendidikan sebagai tukang pembuat perkakas selama 1 tahun, dengan bakat dan kemampuannya yang begitu luar biasa, ia mampu menyempurnakan mesin buatan Newcomen. Sehingga, terciptalah mesin uap yang praktis dan lebih efisien.
Keberhasilan James Watt pertama yang dipatenkan pada tahun 1769 adalah penambahan ruang terpisah yang diperkokoh, serta pembuatan isolasi pemisah untuk mencegah menghilangnya panas pada silinder uap. Selanjutnya, pada tahun 1782, ia menciptakan mesin ganda. Dengan beberapa renovasi kecil, pembaharuan ini menghasilkan peningkatan efisiensi mesin uap lebih dari 4 kali lipat.
Beberapa penemuan James Watt lainnya, yakni seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin sehingga menjadi gerak berputar (pada tahun 1781), pengontrol gaya gerak melingkat otomatis (pada tahun 1788), alat pengukur tekanan (pada tahun 1790), alat penghitung kecepatan, alat petunjuk, alat pengontrol uap, dan lain-lain.
James Watt meninggal di kota Birmingham, Inggris, pada 19 Agustus 1819, dengan meninggalkan karya besar yang sangat bermanfaat bagi manusia. Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya, yaitu Watt, digunakan sebagai nama satuan daya, seperti daya mesin listrik dan daya mesin.

0 komentar:

Posting Komentar