Michael Faraday (1791-1867)
04.48



Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1791 di kota Newington, Inggris. Ia adalah ilmuwan Inggris yang mendapatkan julukan Bapak Listrik berkat penemuannya tentang listrik. Ia adalah orang pertama yang menemukan motor listrik. Penemuannya merupakan sebuah skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat suatu benda bergerak.

Tidak seperti kebanyakan ilmuwan lain dari keluarga mampu dan memiliki pendidikan yang tinggi, Michael Faraday hanya berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ilmu pengetahuan yang ia miliki, sebagian besar berasal dari kegiatannya belajar sendiri.
Ketika usianya menginjak 14 tahun, Michael Faraday bekerja sebagai tukang jilid dan menjual buku. Kesempatan tersebut ia manfaatkan dengan banyak membaca buku, sehingga pengetahuannya semakin bertambah.
Saat usianya mencapai 20 tahun, Michael Faraday mengunjungi ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris ternama, Sir Humphry Davy. Ia terpesona dan terkagum-kagum mendengar ceramah Davy dan akhirnya ia diterima menjadi asistennya.
Hanya dalam tempo beberapa tahun, Michael Faraday sudah berhasil menciptakan penemuan-penemuan baru atas hasil kreasinya sendiri. Walaupun tidak memiliki latar belakang yang memadai di bidang matematika, selaku ahli kimia saat itu, ia benar-benar tidak tertandingi.
Michael Faraday mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetik dan elektrokimia yang menjadi fokus utamanya. Pengetahuannya tentang efek magnetik menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medan magnet, yang berujung pada penemuannya tentang listrik.
Penemuan pertama Michael Faraday yang sangat penting di bidang listrik terjadi pada tahun 1821. Hal tersebut berawal ketika 2 tahun sebelumnya, Oersted menemukan bahwa jarum magnet kompas biasa dapat bergerak jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan.
Penemuan tersebut membuat Michael Faraday berkesimpulan, bila magnet diketatkan, yang akan bergerak justru kawatnya. Berdasarkan pengalaman inilah, ia berhasil menciptakan sebuah skema yang jelas yakni kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnet selama arus listrik dialirkan ke kawat. Walaupun masih sederhana, penemuan itu menjadi “nenek moyang” dari semua motor listrik yang digunakan di dunia saat ini.
Selain itu, Michael Faraday juga berhasil menemukan alat yang akhirnya menjadi pembakar bunsen yang banyak digunakan hampir di seluruh laboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis, serta memberi sumbangan yang besar di bidang kimia. Michael Faraday juga mempopulerkan banyak sekali istilah yang digunakan dalam bidang itu, seperti anoda, katoda, elektroda, dan ion.
Michael Faraday bukan hanya ilmuwan yang cerdas, namun ia memiliki wajah yang tampan dan punya gaya sebagai penceramah. Selain itu, ia dikenal sebagai sosok yang sederhana, tidak gila kemewahan, ketenaran, dan pujian. Ia menolak diberi gelar kebangsawanan dan tidak berkenan pula menjadi Ketua British Royal Society.
Kehidupan perkawinannya lama dan bahagia walaupun tidak dikaruniai anak. Ia meninggal dunia pada 25 Agustus 1867 dengan meninggalkan karya besar yang bermanfaat bagi manusia.

0 komentar:

Posting Komentar